Virus Corona Dan Fakta Taun Dalam Sejarah - AL-KUTUB
News Update
Loading...

Wednesday, April 22, 2020

Virus Corona Dan Fakta Taun Dalam Sejarah

Di pertengahan bulan desember manusia di seluruh dunia di kejutkan dengan munculnya satu wabah di wuhan yang mengakibatkan banyak kematian. Bahkan di bulan bulan selanjutnya menjadi semakin mencekam. Sehingga otoritas pemerintah terpaksa mengisolasi kota wuhan yang menjadi daerah paling parah terkena dampak virus corona. Namun ternyata langkah itu tidak cukup untuk mengatasi wabah yang mematikan ini. Pemerintah cina terpaksa memutuskan untuk melockdown semua aktifitas Negara. Kebijakan ini di ambil sebagai upaya pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona yang semakin meresahkan. Dengan kebijakan ini pemerintah berharap dapat mengawal penyebaran virus dan bisa fokus pada memulihan pesakit.

Saat itu kita hanya bisa menyaksikan melalui media bagaimana kasus itu berlangsung dari waktu ke waktu.  sampai kemudian wabah virus corona mulai menyebar ke beberapa negara dan pada akhirnya menginfeksi seluruh dunia. Sehingga orang orang yang pada awalnya menertawakan cina mulai menangis ketakutan.

Asumsi dan prediksi dari berbagai pihak dan berbagai Negara mulai bermunculan seiring semakin perkasanya virus corona atau covid 19. Ada yang berkata ini sengaja di ciptakan untuk mengurangi populasi manusia. Ada yang berkata ini adalah tanda dari akhir dunia. Ada yang berkata ini tidak pernah terjadi sebbelumnya.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa wabah semacam ini sudah sering kali terjadi sejak dulu lagi. Salah satunya adalah pandemic kolera. Kolera adalah penyakit menular di saluran pencernaan. Gejalanya termasuk diare, perut kram, mual, muntah dan dehidrasi. Penyakit ini di sinyalir sudah ada sejak abad ke 4 SM di temukan oleh dokter yunani kuno Hippocrates dan galen.
Kolera menjadi sangat terkenal secara global pada tahun 1817 setelah muncul di jessore india dan dhaka, kemudian menyebar ke Myanmar dan sri lanka. Pada tahun 1820 kolera menyerang siam thiland, indonesia, filiphina, basra, irak, turki, dan mencapai ambang eropa. Di tahun tahun selanjutnya kolera menyebar ke berbagai belaha dunia.  moskow, st.petersburg, finlandia, jerman, inggris, sunderland, kanada, amerika, meksico, cuba, dan beberapa Negara lain. Dalam islam juga tercatat beberapa virus mematika. Baik sebelum zaman rosululloh dan sesudahnya.

Berikut ini beberepa kasus penyakit mematikan yang pernah terjadi sejak zaman hidupnya rosululloh :
طاعون شيرويه 
Ta’un syirwaih, ialah ta’un yang terjadi di zaman rosululloh pada tahun enam hijriyah. Tidak di jelaskan di daerah man ta’un ini terjadi. Namun yang jelas bukan di mekkah atau madinah karena ada hadist yang menjelaskan bahwa ta’un tidak masuk pada keduanya.
طاعون عمواس
Ta’un amawasah, kami sudah pernah membahas terkait ta’un amawasa di sini di ta’un ini abu uabidah bin jarroh dan yazid bin sufyan meniggal
طَاعُونُ الْجَارِفِ
Ta’un al-jarif, terjadi di tahun enam puluh Sembilan hijriyah. Al-jarif artinya : mengikis. Di ta’un ini abdulloh bin zubair dan tiga puluh anak anas bin malik dan empat puluh anak abdurrohman bin abi bakar meninngal
طاعون الفتيان
Ta’un futyan. Dinamakna demikian kerena banyaknya bujangan yang meninggal. Taun ini terjadi pada bulan syawwal tahun delapan puluh tujuh hijriyah di kufah basroh dan syam.
Ta’un yang terjadi pada tahun seratus tiga puluh hijriyah.  Ta’un ini terjadi di bulan rojab kumudian jadi tambah parah pada bulan romadon dan mulai hilang di bulan syawwal. Setiap hari tercatat seribu kematian akibat penyakit ini

Sebenarnya masih banyak lagi kasus wabah besar yang pernah terjadi dari dan sebelum zaman rosululloh. Namun tidak mungkin kami sebut semuanya di sini. Semoga dengan mengetahui fakta ini kita semakin bijak menyikapi virus yang tengah meresahkan dunia saat ini. Amin.

Referensi :
 <>كنوز الذهب فى تاريخ حلب، جزء 1 –ص-169
 <>المناقب المزيدية في أخبار الملوك الأسدية، –ص- 402
<> نهاية الإيجاز في سيرة ساكن الحجاز، جزء 1 –ص-491
<> شرح النووي على مسلم، جزء 1 –ص-105


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done