Para Sahabat Yang Mati Akibat Taun Amawasa, Penyakit Yang Menyerupai Virus Corona ! - AL-KUTUB
News Update
Loading...

Tuesday, March 24, 2020

Para Sahabat Yang Mati Akibat Taun Amawasa, Penyakit Yang Menyerupai Virus Corona !


Image by skeeze from Pixabay 
Ta’un amawasa طاعون عمواس, adalah jangkitan penyakit yang menyebar dengan sangat cepat terjadi setelah penaklukan baital maqdis di syam  pada tahun delapan belas hijriyah pada masa kahalifah sayyina umar R.A. Syam atau negeri syam adalah sebuah daerah yang terletak di timur laut mediterania, barat sungai efrat utara gurun arab dan sebelah selatan pegunungan Taurus. Pada saat ini negeri syam merujuk pada sejumlah tempat di timur tengah, antaranya ialah lebanon, palestina, suria dan yordania.

Penyakit ini sangat mengerikan sampai umar bin khottob terpaksa berpatah balik dengan bala tentaranya ke madinah membatalkan satu rancangan jihad yang telah di siapkan di syam. Orang yang terkena penyakit ini akan merasa sakit yang luar biasa tengkuk terasa seperti pecah sesak nafas dan menyebabkan kematian mendadak. Semoga kita di selamatkan dari ta’un dan sesjisnya. Dalam kitab فيض القدير  faidul qodir dijelaskan, jumlah manusia yang mati oleh penyakit ini adalah sembilan puluh ribu orang. Terdapat beberapa nama sahabat yang kematiannya di kaitkan dengan penyakit ini, ada yang hanya di yakini ada yang memang sudah pasti.

Salah satu sahabat yang sudah di sepakati meninngal karena penyakit ini adalah bilal bin robah.  Dalam فتح الباري  fathul baari karangan ibnu hajar al-asQolani dalam manaqib bilal bin robah, setelah rosululloh wafat bilal bin robah minta izin pada khalifah abu bakar untuk ikut tentara perang melakukan jihad, tapi abu bakar tidak mengizinkan dan menyuruh bilal untuk tetap di madinah menemaninya. Setelah khalifah berpindah ke tangan umar bin khottob bilal mengutarakan keinginannya lagi untuk berjihad dan meminta izin darinya dan sayyina umar R.A mengizinkan. Maka berangkatlah bilal dengan pasukan jihad pertama yang menuju syam dan dia tidak kembali ke kemadinah selepas perang sampai akhirnya dia meninggal kerena terkena ta’un amawasa.

Ada beberapa sahabat yang berangkat bersama bilal yang juga tidak kembali ke madinah. Di antaranya ialah muadz bin jabal. Harist dan abu ubaidah bin jarroh عبيدةابن الجرة mereka semua meninggal karena ta’un amawasa sebuah penyakit yang menyerupai virus corona saat ini

Referensi
فيض القدير  جز 4 حرف السين حديث 4657 
فتح الباري جز 7 مناقب معاذ بن جبل
فتح الباري جز 7 مناقب بلال بن رباح




Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done